Pada jaman yang sudah mulai berkembang sekarang ini, mulai dan semakin banyak pemain bisnis yang masuk ke E-Business. E-Business sendiri merupakan segala aktivitas bisnis seperti pembelian dan penjualan secara elektronik, pelayanan terhadap pelanggan (Customer Service), pemasaran atau promosi, penyimpanan data, maupun pertukaran data antar rekan bisnis yang dilakukan melalui sistem informasi komputer. Data-data perusahaan atau pelanggan tersebut diolah secara efektif dan juga dapat secara otomatis maupun semi-otomatis.
Keuntungan dari E-Business sendiri adalah informasi yang ingin disebar lebih cepat tersebar karena informasi disebarkan melalui internet, pelayanan pun dapat dilakukan atau diproses lebih cepat, penjualan akan lebih luas, dan juga memberi kemudahan bagi pelanggan maupun pebisnis. Lalu apa itu E-Commerce?
E-Commerce merupakan bagian dari E-Business. E-Commerce adalah kegiatan komersil seperti penjualan, pembelian, promosi barang atau jasa melalui internet.
Menurut buku dengan judul Electronic Commerce : Strategi dan Konsep Bisnis di Dunia Maya karangan Dr. Richardus Eko Indrajit pada tahun 2002 bahwa ada beberapa karakteristik dari E-Commerce sendiri yaitu:
- Adanya transaksi antara dua pihak (penjual dan pembeli),
- Adanya kegiatan seperti pertukaran barang, jasa, maupun informasi, dan
- Medium utama dalam proses yang terdapat dalam E-Commerce sendiri adalah internet.
E-Commerce bagi penjual memiliki keuntungan tersendiri dibandingkan dengan cara tradisional yaitu:
- Proses yang terdalam dalam bisnis dapat dilakukan secara automatis.
- Dapat menemukan market dan pelanggan baru dengan mudah.
- Mengurangi biaya yang dikeluarkan.
- Promosi dapat lebih mudah tersebar dan dilihat orang banyak dan luas.
Lalu, terdapat juga keuntungan bagi kita sebagai pembeli yaitu:
- Proses pembelian lebih mudah dan praktis karena dapat dari jarak jauh karena melalui internet.
- Dapat melihat barang kapan pun karena buka 24 jam.
- Lebih menghemat biaya perjalanan karena barang yang dibeli dapat dikirim ke rumah secara gratis atau dengan biaya yang murah.
- Dapat secara cepat mencari barang yang diinginkan.
- Bisa membandingkan harga barang dengan mudah.
Ini beberapa contoh E-Commerce di Indonesia:
Terima kasih telah membaca :)
Semoga tulisan ini membantu.
Sumber:
- Electronic Commerce : Strategi dan Konsep Bisnis di Dunia Maya karangan Dr. Richardus Eko Indrajit tahun 2002


Tidak ada komentar:
Posting Komentar